Sunday, January 20, 2019

Percobaan Kapal Tenggelam 'Ajaib'


Percobaan sederhana ini kami lakukan bersama si kecil di #rumah.

Silahkan cek link berikut ya

http://bit.ly/SainsAsikKapalLaut




Bahan yang diperlukan sangat mudah didapat dan tidak ribet.

Masih ingat cara membuat #origami kapal laut kan?

Sebagai informasi pengetahuan, taukah Sahabat bahwa #origami tertua di #Eropa dibuat oleh Johannes de Sacrobosco pada tahun 1490. Yang ia buat pertama kali adalah ya itu kapal laut kertas yang kami buat itu.


Nah, perhatikan pada #video bagaimana kami melakukannya.

Mana #Ajaib-nya? wkwkwk

Ya itu, tenggelam tapi tidak basah. Haha. Meski kapal kami sedikit basah karena bagian bawah kertas telah robek. Ukuran kertas kami terlalu besar sehingga harus melipat lebih banyak agar menjadi ukuran kecil, lalu sobek deh. Idealnya kapal kertas tidak basah sama sekali bagian atasnya. Gunakan ukuran kertas yang kecil agar ukuran kapal sesuai dengan diameter gelas.

Pecobaan di atas juga merupakan salah satu cara untuk membuktikan bahwa udara itu ada dan menempati ruang. Dan percobaan tersebut juga merupakan #eksperimen tertua yang dilakukan orang-orang #yunani kuno dulu dalam membutikan #eksistensi udara. Metodenya sama, alat dan bahan yang berbeda.

Teknik tersebut juga dikenal sebagai ‘diving bell’. Konsep kapal selam pertama kali yang dapat diisi manusia untuk bisa aktivitas #underwater. Orang yunani kuno menggunakannya untuk eksplorasi Laut #  mediterania. Lebih lanjut bisa digoogling ya.

Nah pertanyaannya adalah,

Ada yang tau penjelasan fisikanya seperti apa sehingga si kapal bisa tenggelam namun tidak basah?

Mari kita belajar bersama.

Terima kasih telah menyimak dan terima kasih atas apresiasinya.



Credit: #Quora, #thedadlab #origamiblog


#kidsactivity #scienceclass #physics #parenting

No comments:

Post a Comment