Thursday, April 10, 2014

Proyek Karya Kreatif Siswa Kelas 8

Pada tahun ajaran kali ini saya menyusun program pembelajaran melalui sebuah proyek karya kreatif.

Telah berjalan memang dan ini bukan kali yang pertama. Dengan menambahkan konsep ‘berbagi kepada kawan’ diharapkan akan lebih banyak manfaat positif yang akan didapatkan bagi para siswa. 

Pada prinsipnya para siswa diberikan kesempatan untuk mengusulkan ide pembuatan karya kreatif (apa pun) yang produknya dapat menjelaskan konsep fisika yang telah dipelajari selam kelas 7 dan kelas 8. 

Proyek ini terbilang cukup lama dan penting bagi para siswa untuk menuntaskannya. Selain sebagai nilai praktik dan tambahan ujian akhir, siswa juga akan mendapatkan wawasan dan kemampuan lain yang bermanfaat. Seperti halnya keterampilan motorik, pengetahuan tambahan tentang barang bekas pakai, kemampuan pembuatan video, kemampuan berbicara, berbagi pada media sosial internet, dll. Semua itu dilakukan secara perkelompok. 

Karya-karya siswa tersebut nantinya diharapkan akan dapat dinikmati para pengguna internet. Kemudian pada akhir pembelajaran, masing-masing kelompok mempersentasikan apa yang telah mereka buat dan kerjakan di depan guru penguji. 

Selama perjalanan proyek tersebut hingga akhir nanti saya akan melakukan semacam riset kecil-kecilan untuk mendapatkan analisa kualitatif metode pembelajaran tersebut. 

Semoga apa yang saya lakukan ini bernilai kebaikan dan kebermanfaatan yang besar. 

Hanya kepada-Nya lah saya memohon pertolongan.


No comments:

Post a Comment