Wednesday, December 25, 2013

Smart Traffic Controller

Aha.

"Smart Traffic Controller"

Sebuah aplikasi menarik dan kabar bahagia bagi para pengguna Android di Indonesia.

Karya lokal anak bangsa. Salah satunya pembuatnya saya sangat mengenalnya. Dialah murid saya. (Ceritanya ikut bantu menyebarkan kebaikan...hehe)

Berikut ulasan dari media online tempo

"Smart Traffic Controller menyuguhkan kondisi real time kemacetan di jalan, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Aplikasi itu dibuat oleh Rizal Panji Islami dan Okharyadi Saputra, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Mereka memanfaatkan sistem Global Positioning System (GPS) pada ponsel cerdas pengguna aplikasi. Melalui GPS itu, terpantau posisi pengendara dan jalan yang dilalui. Indikasi adanya kemacetan didasarkan pada menurunnya laju kendaraan.

“Misalnya ketika berjalan lancar 40 kilometer per jam, lalu turun menjadi 10 kilometer per jam, atau sampai diam di jalan raya tak seperti biasanya. Kita bisa menghindari jalur itu,” kata Rizal. Aplikasi tersebut dikhususkan bagi pengendara roda empat atau lebih.

Di layar ponsel atau sabak, kemacetan itu berupa titik bulat hijau di atas peta. Di peta wilayah Jakarta, misalnya, Tempo melihat ada lima titik bulat berwarna hijau berkedip di layar laptop dan ponsel. Sedangkan di Bandung, pada saat bersamaan, ada sebelas titik yang menyala.

Rizal mengatakan, sejak diperkenalkan selama dua bulan terakhir, pengguna Smartf Traffic Controller mencapai 5.000 orang. “Rata-rata responsnya positif, terutama untuk pengguna yang tidak banyak mengetahui rute alternatif.” 

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/12/07/172535417/Memilih-Aplikasi-Pemantau-Rute-Alternatif


Silahkan sahabat lirik aplikasinya di sini
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.SmartTrafficController

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment