Wednesday, April 30, 2014

LPDP #4

Banyak perihal yang mungkin penting, namun kadang kita lalaikan atau remehkan. Itulah hidup kita. 

Nah ketika pengajuan beasiswa LPDP pun demikian. Untuk itulah saya tulis lagi di sini. 

Dahulu saya lalai, tenyata saya sadari ternyata hal kecil itu begitu penting dan cukup berpengaruh dalam kelolosan aplikasi saya. Mungkin, karena itu masih asumsi saya, belum terbukti. Tapi ya patut juga diperhitungkan oleh sahabat. 

Perihal utama yang ingin saya bahas kali ini adalah mengenai pengisian CV. Saya dan sahabat sepakat begitu pentingnya CV dalam sebuah aplikasi. Dengan CV, orang lain jadi tahu siapa kita, apa aktivitas kita, karya kita dll. LPDP juga meminta CV bagi pelamarnya. Tapi bukan CV yang biasa. 

Kalo sahabat lihat, banyak sekali form yang mesti kita isi. Mereka ingin tahu seberapa pantas kita layak dapat beasiswa ini. Secara umum pengisian data reguler CV terdapat di form LPDP. Saya tidak meragukan sahabat ketika mengisikannya. Dengan segala asam garam pengalaman sahabat. 

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana ‘asam-garam’ tersebut mampu memukau panitia administratif. Ya, kita harus memukau mereka sebelum dewan penguji wawancara nanti. Mereka yang yang paling pertama menyeleksi sahabat untuk ke tahap selanjutnya. Mereka diam-diam namun tak segan-segan membantai CV kita. 

Yang menjadi sorotan saya dalam tulisan ini adalah pertama beruntunglah bagi mereka yang semasa kuliah S1 aktif di kampus aktif juga di akademik. Kalo akademik sudah mentok, maka aktivitas kampus bisa jadi andalan. Kalo aktivitas kampus juga sudah mentok yang ada hanya 3K (kuliah, kantin, kosan) jangan berkecil hati. In syaa Allah saya mau sedikit berbagi. Mungkin juga sedikit bermanfaat. 

Panitia LPDP akan mencari tahu seberapa istimewa sahabat sebagai mahasiswa dahulu dan sebagai pemuda. Tuliskan semua aktivitas akademik maupun non-akademik yang pernah sahabat jalani dahulu. Dari menjadi seksi acara pada saat penerimaan mahasiswa baru, pertukaran mahasiswa, peserta seminar nasional, sampai sahabat menjadi ketua BEM univeristas. Masukkan aja semua jangan ragu. Tapi ingat jangan berbohong. Allah SWT maha tau loh..hehe..selain di dalam kampus aktivitas di luar kampus juga harus dimasukkan. Jangan ragu dan malu. Masukkan saja. Sebab LPDP akan melihat banyaknya dan kualitasnya. 

Sebagai ilustrasi. Si A ketua BEM tingkat universitas. LPDP akan memberikan skor tertentu, tinjauan jabatan dan ruang lingkup. Bisa saja dikalahkan oleh si B yang hanya jadi pengurus. Tapi pengurus Greenpeace tingkat Asia tenggara. Contoh lain. Si C menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Anti-Mainstream Nasional (emang ada gitu yah? Haha) bisa saja dikalahkan oleh si D yang hanya pengurus Remaja masjid kelurahan, dia juga pengurus karang taruna desanya, dia juga pengurus himpunan pengajar kolong jembatan kota bandung dll..yang banyak aktivitas si D bisa mengalahkan skor si C. saya kira sahabat sudah dapat gambaran kan? Jadi jangan ragu. 

Kalo dulu saya sempat ragu. Pilah-pilah prestasi dan aktivitas pengalaman yang menurut saya layak di cantumkan. Tapi kata dosen saya masukkan aja yang kamu punya…..sepele tapi penting.

Nah bagi sahabat yang merasa masih kurang jangan berkecil hati masih ada jalan untuk memperkaya CV kita. Begini saya cerita sedikit, saya sempat dapat prestasi kecil tapi kesannya besar. Hehe. 

saya dapat ‘juara Cerita Pembelajaran Seru suatu situs nasional’ itu sekitar awal tahun 2013. Apa yang yang saya lakukan? Saya hanya tweet-tweet cerita saat saya belajar matematika bersama guru SMP saya. Saya bercerita dengan mention situs tersebut bagaimana bahagianya saya belajar sama guru itu. ya kayak semacam semi curhat gitu tapi tetap ada nilai pembelajarannya. Yang hebat siapa? Ya guru saya. Saya hanya murid yang beruntung mendapatkan guru tersebut. Dan saya hanya bercerita aja. Mudah bukan??…

Karena situs tersebut cukup ramai dan banyak sekali followers-nya maka tweet saya diintip banyak orang (kan ada hastag yah). Tweet terus dan tweet terus…ehh beberapa hari selanjutnya saya dapat email kalau saya juara untuk hari itu sebagai cerita paling seru..kayaknya bukan ceritanya seru deh..tapi karena yang tweetnya paling gandeng (berisik)… 

Terus apa yang saya lakukan. Di form CV saya tulis ‘juara Nasional Cerita pembelajaran Seru situ bla-bla-bla’..seolah-olah keren kan?? Tingkat nasional meennn..haha…ya iyalah mana namanya juga situs internet….bisa menjangkau dunia…wah seharusnya saya tulis tingkat dunia tuh..(emang ada gituh orang bule ikut situs itu yang bahasanya indonesia..hohoho) 

Sahabat juga bisa..misal, juara pengisian TTS tingkat nasional di situs bla-bla..dll Nah terus cara ini juga patut dicoba sahabat bisa daftar-daftar keanggotaan LSM-LSM tingkat dunia seperti WWF dll…ingat mereka itu semua tingkat internasional loh. Udah daftar, jangan ragu cantumkan.


Semoga Panitia LPDP bisa tergugah. 

Sepertinya cukup dulu dari saya.

Berikutnya in syaa Allah saya akan mengulas sedikit trik dalam membuat esai. (perihal penting banget juga)


Semoga bermanfaat ya sahabat.

Sahabat bisa lihat cerita saya sebelumnya

LPDP #3

LPDP #2

LPDP #1

No comments:

Post a Comment