Saturday, March 29, 2014

LPDP #3

Okay, sekarang masuk tulisan singkat ke tiga saya bercerita tentang LPDP.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang informasi yang dibutuhkan dalam melengkapi persyaratan administrasi.

Paling pertama saya ingin memastikan bahwa sahabat telah memiliki setifikat TOEFL resmi minimal 500 untuk dalam negeri dan 550 untuk ke luar negeri. Bila belum, Hmm sepertinya sahabat harus memenuhi persyaratan mutlak ini. Mengapa demikian? sebab secara otomatis Laman LPDP akan penutup/menghapus lamaran pendaftaran sahabat karena tidak memenuhi persyaratan awal. Sistem laman sudah otomatis akan menyeleksi. Selain hal tersebut dimaksudkan memang agar memudahkan panitia. Emang iya sih penting banget English. Kebayang s2 harus sering baca jurnal buat referensi yang jarang ditulis pake bahasa indonesia apalagi bahasa daerah sahabat.

Maka dari itu tahap awal harus lolos. Berat? Tidak ah, selamat sahabat mau sedikit mencurahkan perhatian untuk mengejar skor TOEFL tersebut. In syaa Allah ada jalan. Bagi yang belum mancapai skor, harus sabar.
Saya pun demikian, curi-curi waktu belajar strategi TOEFL untuk bisa mencapai skor.

Untuk informasi yang terbaru pihak LPDP mewajibkan skor TOEFL ITP. Udah banyak kampus atau lembaga les yang bekerja sama. Biayanya gak semahal kalo kita ambil TOEFL int. ETP. Cuma berapa ratus ribu gituh. Coba sahabat cek kembali.

Ya tes itu yang memang lingkupnya masih diakui LPDP. Kalo dulu pas awal-awal skor TOEFL ITB (jaman saya) masih diterima. Huuufftt…lumayan sekali biayanya bisa hemat untuk calon mahasiswa bokek seperti saya..hehe

Beres masalah TOEFL. Silahkan sahabat isi kelengkapan data yang diperlukan. Bisa sendiri kan? Masak haru saya isikan


Beberapa persyaratan mungkin harus kita buat sendiri, seperti surat rekomendasi dll. Nah, saya akan shrare file-file yang sekiranya sahabat perlukan. Semoga membantu ya sahabat. Kalo mau buat sendiri juga tidak apa-apa kok. Biar lebih kreatif.

Silahkan donglod link ini







Sepertinya itu dulu, sebab saya harus bersiap mempersiapakan pengajaran di kelas hehe. (bikin tulisannya saat curi-curi waktu di sekolah -curhat..hehehe)

Kalau ada pertanyaan mangga saya siap membantu in syaa allah 

Artikel terkait

LPDP #2

LPDP #1

No comments:

Post a Comment