Sunday, April 17, 2016

SMA 3 Bandung -Catatan Kunjungan (Bag. 2 akhir)


Saya lanjutkan tulisan kunjungan saya ya sahabat....

Setiap kelompok yang terdiri dari beberapa siswa mempersentasikan penelitian yang telah dilakukan selama kurang lebih empat bulan. Begitu beragam hasil penelitian yang disampaikan sampai-sampai saya berpikir betapa kreatifnya anak-anak ini. Setingkat SMA sudah dapat melakukan penelitian-penelitian seperti itu. Diantaranya, pembuatan efek sound dari gitar listrik dengan biaya yang lebih murah, perhitungan massa jenis dengan konsep balon udara Archimedes, pembuatan sensor pengisi air minum galon secara otomatis, visualisasi gelombang bunyi dengan menggunakan serbuk pada piringan besi, headphone peredang suara, sensor gempa sederhana, dan masih banyak lagi yang saya sudah lupa hehehe…


 



Selama beberapa hari tersebut saya juga berjumpa dengan berbagai karakter anak SMA 3. Cukup menyenangkan berinteraksi dengan mereka. Saya berfikir bahwa apa yang dilakukan bu Diana ini sangatlah bermanfaat buat mereka. Semenjak dini mereka diajarkan untuk menyusun kegiatan ilmiah, belajar untuk bekerja sama dan saling menghargai. Memang kegiatan ini adalah kegiatan yang hanya dilakukan oleh Bu Diana, belum pernah ada sebelumnya dan belum ada guru lain yang mendukungnya. Beberapa tahun yang lalu saya mengenal Bu Diana ketika beliau sering pergi – pergi mendampingi siswa untuk mengikuti lomba penelitian baik tingkat nasional bahkan tingkat internasional. Begitu mudah beliau menjaring peseta disebabkan kegiatan yang dilakukannya saat ini. Bu Diana dapat memilih karya dan tim RBL terbaik untuk dapat diikutkan dalam berbagai lomba. Tak salah kan untuk mecoba, begitu prinsipnya.
 
SMA 3 Research Project Learning
Siswa SMA 3 sedang persentasi alat sensor air minum galon (sumber : dok. pribadi)


Balon udara SMA 3
Balon Udara Siswa SMA 3 (Doc. Pribadi)

gelombang bunyi SMA 3 Bandung
Visualisasi gelombang bunyi siswa SMA 3 (Doc. Pribadi)



Tak terasa saya sudah di depan gerbang masuk SMA 3 dan siap berpisah dengan Bu Diana. Diiringi senja yang dibasuh hujan saya mengucapkan terima kasih yang begitu besar kepada Bu Diana dan sekolah yang berkenan mengundang saya untuk terlibat dalam kegiatan hebat ini. 


Apa yang dilakukan oleh sekolah ini akan menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya khususnya di Bandung dan Propinsi Jawa Barat.
 

No comments:

Post a Comment