Friday, December 30, 2016

Transistor Pertama

Kelahiran era digital, ditandai dengan pekembangan penemuan komputer yang di mana ketika alat-alat elektronik menjadi tak terpisahkan dengan kehidupan manusia sehari hari, baru benar-benar terjadi pada hari Selasa, 16 Desember 1947, di Murray Hill, New Jersey. Sejarah mencatatanya sebagai hari penemuan Transistor.
 
transistor
Transistor yang pertama kali dibuat pada tahun 1947 (Sumber : Beatrice Companies, Inc)
 

Pada hari itu dua ilmuan di Bell Labs berhasil merakit alat yang terbuat dari beberapa lembaran emas, sekeping bahan semikonduktor, dan klip kertas yang dibengkokkan. Bila alat tersebut diotak-atik sedemikian rupa, komponennya dapat menguatkan arus listrik dan menyala-matikannya. Sistem inilah yang menjadikan Transistor menjadi bergitu penting bagi era digital, sepenting mesin uap dalam Revolusi Industri.

Tiga kolega yang memiliki dedikasi dan totalitas menggebu, yang kepribadiannya sling melengkapi sekaligus berlawanan, akan tercatat dalam sejarah sebagai penemu Transistor; Ketiganya pun pada tahun 1956 diganjar dengan hadial Nobel atas kontribusinya. mereka adalah pakar eksperimen terampil bernama Walter Brattain; ilmuan teori kuantum, John Bardeen; dan yang paling bersemangat di antara ketiganya seorang ahli fisika keadaan padat, William Shockley.

insventor of transisitor
John Bardeen (1908 - 1991), William Shockley (1910 - 1989), dan Walter Brattain (1902 - 1987) di foto bersama di Bell Labs Pada 1948. (Sumber : computerhistory.org)

Shockley-lah yang nanti pada akhirnya merintis cikal bakal sebuah tempat yang terkenal hingga sekarang. tempat yang kita sering mendengarnya sebagai "Sillicon Valley".

Referensi : Inventors by Walter Isaacson

No comments:

Post a Comment