Wednesday, June 11, 2014

5000 Tahun

Selalu menyenangkan merefleksikan sesuatu. Mungkin ini saja malam ini.

Baru saja saya mengikuti suatu ceramah singkat inspiratif dalam suatu forum. Satu dari seorang fisikawan senior dan satu lagi dari seorang guru. Dua profesi yang saya kagumi sampai saat ini.

Nah, apanya yang 'Nah'?

Fisikawan senior itu bercerita tentang pemikirannya, lebih tepatnya ia bercerita tentang masa kritis alam semesta. Tentang seuatu yang bagi kepala saya rumit pada mulanya. Namun, karena beliau menjelaskan dengan apik, santun dan penuh ketenangan. Akhirnya menjadi tetap 'agak' rumit bagi kepala saya..hehe

Bagi saya tidak menjadi masalah Karena itu kajian tingkat lanjut..

Yang menarik dan yang saya masih ingat adalah ketika ia mencoba merefleksikannya dalam nilai-nilai pendidikan yang ketat yang seharusnya kita semua memiliki. Namun disampaikan dengan penuh keterbukaan pikiran. Beliau mengulas tetang suhu alam semesta, energi gelap dsb. dipenghujung ceramahnya ia hanya menawarkan sebuah refleksi,

Apakah semua itu terjadi dengan kebetulan atau ada suatu diluar itu. Atau memang berhenti pada grand design yang nantinya diserahkan kepada Anda? (beliau berkata kepada hadirin)

Apakah akan berujung Anda percaya dengan Tuhan itu ada atau tidak, itu kembali kepada Anda?

Yang jelas kita semua (manusia) tidak dapat membuktikan siapa yang benar. Salah satu sebabnya adalah peradaban kita hanya berumur kurang lebih 5000 tahun (atau taruhlah ratusan ribu tahun bila manusia purba dihitung-tambahan saya). Sungguh sangat kecil bila dibandingkan dengan umur alam semsesta.

Pada bagian ini sesungguhnya saya agak kurang sepakat. Namun sangat menarik bagi saya cara pandang beliau. akhirnya yaaaa..saya lengkapi dengan nilai-nilai kebenaran yang saya pegang. Tapi tentu tidak saya sampaikan kepadanya. Cukup dalam pikiran saya.

Meskipun setelah persentasi, kita masih sedikit diskusi hingga jam makan siang. Tapi tidak satu pun di antara kami yang menyampaikan nilai-nilai ketuhanan yang kami miliki, meski saya tahu beliau adalah seorang nasrani yang taat. Kami sebatas membahas fisika.

Saya sungguh menghargai dan menghormatinya.

Pada intinya, sekali lagi saya tertarik dengan cara pandang Beliau.

Mungkin selanjutnya akan masih sangat berkaitan dengan cerita saya tentang seorang guru yang berbagi di forum tersebut...hehehe.

Tapi lain waktu sajalah. sudah malam...hehe

Semoga memberikan sedikit refleksi

sukses selalu


No comments:

Post a Comment