Thursday, August 4, 2011

Uang Koin dan serobek kecil kertas

Percobaan sederhana ini didasarkan atas pengembangan uji benda jatuh pada bidang miring yang dilakukan oleh Galileo (1564 M-1642 M).

Percobaan yang telah dilakukan galileo telah mematahkan konsep yang telah bertahan kurang lebih 1800 tahun. Sebuah konsep fisika yang diusulkan oleh Aristoteles (384SM-322SM) yaitu bahwa benda yang lebih berat akan lebih cepat tiba di tanah. ternyata galileo berhasil membuktikan bahwa setiap benda yang dijatuhkan bersamaan meskipun dengan berat yang berbeda jauh, maka akan tiba ditanah pada waktu yang bersamaan. hal tersebut akan menunjukkan hasil yang berbeda jika salah satu benda termasuk kategori ringan dan dipengaruhi gesekan angin seperti secarik kertas. Melalui konsep percobaan tersebut Galileo telah melahirkan disiplin fisika yang ketat.

Kita tentu mengetahui dan memahami dengan baik apa yang akan terjadi apabila serobek kertas kecil dan uang koin di jatuhkan bersamaan. Sebuah pertanyaan dan diskusi yang saya ajukan adalah : bagaimana jika sobekan kecil kertas tersebut ditaruh di atas koin dan dijatuhkan bersamaan. Apa yang akan terjadi?

1 comment:

  1. Mmm, tergantung seberapa "kecil" kertasnya. Kalo lebih luas permukaan kertas dari permukaan koin, jatuh koin duluan. Karena kertas akan terhambat oleh udara sekitar. Sedangkan koin, karena berat jadi hambatan udara sekitar gak terlalu berpengaruh.

    Tapi, kalo permukaan kertas lebih kecil (misal luas perm kertas 1 cm2, koin 2 cm2). Jatuhnya bersamaan karena kertas tdk lagi terhambat udara. Karena hambatan udara udah diatasi koin. Halah, belibet amat bahasa saya.

    ReplyDelete