Wednesday, January 14, 2009

Pelajaran Berharga dari Albert Einstein

Albert Einstein. Banyak media menyebutkan kalau pria berdarah yahudi ini adalah simbol kejeniusan abad 20. pun begitu banyak buku dan artikel yang mengulas tentang seluk-beluk kehidupannya. Saya yakin sedikit atau banyak anda pun sudah mengetahui tokoh ini, baik itu tentang relativitasnya, penghargaan Nobel-nya, peryataan-pernyataan dia tentang perdamaian dan agama kosmisnya. Dari semua cerita tentang Albert Einstein ini. Ada sedikit pelajaran yang saya ambil darinya. Sebuah peryataannya yang terus teringat di kepala ini dari dulu semenjak duduk di bangku 3 SMA hingga sekarang beres kuliah.

Saat itu einstein pernah ditanya tentang kunci dari kesuksesanya dalam dunia fisika teoretik (kajian yang bagi saya sampai saat ini sangat menarik dan penuh misteri meskipun kadang jenuh dan pusing 8 keliling (naik satu tingkat) dibuatnya ). Albert Einstein menjawab, “It is not that I am so smart, it is just that Istay with (physics) problem longer”. Kurang lebih maknanya; masalahnya bukan otak saya yang terlalu cerdas, hanya saja saya mampu bertahan lama menghadapi persoalan fisika. Sebuah ungkapan penuh kerendahatian dan ringan tetapi sarat motivasi dari seorang yang cinta perdamaian dan ikon kerumitan dunia fisika.

Benang merah yang dapat saya ambil dari ungkapan tersebut adalah bertahan dari kata bertahan saya mencoba turunkan menjadi kata bersabar. Dari kata bersabar ini akan melahirkan jalan kesuksesan bagi siapa saja yang menempuh suatu perihal kehidupan yang diimpikan. Sahabat, Bukankah itu yang sering di ajarkan oleh motivator-motivator dan buku-buku tentang kesuksesan. Ternyata Pria tua dengan pipa rokok dan rambut acak-acakan ciri khasnya telah menyampaikan nasihat berharga bagi kita. Maka bila kita sudah memulai sesuatu- apapun itu dan tentunya bernilai kebaikan- maka bertahanlah untuk memberikan yang terbaik dalam menyelesaikannya. Tidak ada sukses dan gagal tapi yang ada hanya tuntas atau belum perkara yang telah kita mulai (mengutip ungkapan seseorang yang telah berbagi ilmu dengan saya) .

No comments:

Post a Comment