Sunday, March 3, 2019

You

Pastilah kita tahu majalah Time yang legendaris itu, ya kan?
 
Salah satu edisi yang paling ditunggu adalah Person of The Year-nya (PoTY) Time yang biasanya selalu ‘viral’ untuk diprediksikan setiap tahunnya.
 
Nah, edisi yang paling fenomenal adalah Edisi PoTY Time Tahun 2006.

Siapa?

Sumber: Time

 
“Kamu!”

Apa alasannya?

“You were named Time magazine “Person of the Year” on Saturday for the explosive growth and influence of user-generated Internet content such as blogs, video-file sharing site YouTube and social network MySpace.”

Saya masih inget jaman-jaman itu orang mulai kenal Youtube dan berbagai macam media untuk blog. Semuanya ya berputar di “kamu” sebagai individu.

“For seizing the reins of the global media, for founding and framing the new digital democracy, for working for nothing and beating the pros at their own game, Time’s Person of the Year for 2006 is you,” kata Lev Grossman pimpinan Time saat itu.

Gak aneh emang, time udah semenjak 1927 memunculkan nama-nama yang kontrovesial dan sangat spekulatif (udah tradisinya si doi katanya kayak gitu)
Seperti Adolf Hitler di tahun 1938 dan Ayatollah Khomeini di tahun 1979.

Dan sudah umum diketahui bahwa pemilihan itu berdasarkan:

"The aim is to pick “the person or persons who most affected the news and our lives, for good or for ill, and embodied what was important about the year, for better or for worse.”

Tahu kan Anda PoTY tahun 1982?



Dia adalah


“The Computer” 

Ya, komputer yang kamu pakai itu..hohoho
 

Siapa yang terbanyak?

Hingga saat ini belum ada yang mampu menyaingi kemunculan Franklin D. Roosevelt di sampul tahunan majalah Time. Pria yang menjabat presiden Amerika Serikat selama 12 tahun ini tercatat sebanyak tiga kali tampil sebagai sampul yakni tahun 1932, 1934, dan 1941.

Jagoan saya para fisikawan kuantum tidak ada yang nyangkut. Saya rasa Time lebih menyukai orang-orang pencipta ‘keributan’ di duna ketimbang kemaslahatan dunia sekarang dan di masa depan. Hehehe.

.Tahun 2006 Time agak sedikit nyentrik. Tak ada wajah sosok berpengaruh, namun ‘You’ dan seperangkat komputer menjadi sampulnya untuk merepresentasikan para pembacanya yang menggilai penggunaan Internet.

Tahun 2006 hal apa yang paling kamu ingat?

Kalau saya pada tahun itu masih hijau dan baru menjadi warganet secara resmi dengan mendaftar di dunia Facebook. Yang sebelumnya masih terkagum-kagum dengan teknologi friendster. Wkwkwk.

Apa artinya “You” ini bagi saya?

Sederhananya adalah bahwa saat ini zamannya untuk kita para individu berbuat bagi dunia. Sekecil apa pun yang kamu lakukan, sudah dengan teramat mudah tersebar beritanya ke seluruh bagian dunia dengan mudah. Semua orang berburu viral, berburu eksistensi dirinya di rimba kehidupan jaman ini dengan segala kemudahan teknologinya. Siapa saja bisa ikut ambil bagian.

Kamu.

Ya, Kamu.

Kamu bisa berbuat apa pun untuk dunia ini.

Kamu bisa menjadi sejarah di dunia ini.

Maka tulislah sejarah hidup kita dengan sesuatu yang bermanfaat dan berdampak kebaikan bagi lingkungan sekitar. Jangan hiraukan kecil dan besarnya dampak tersebut. Tapi seberapa ikhlas niat dan perbuatan kita.

Semoga dihitung menjadi amal kebaikan untuk modal kita pulang nanti. Aamiin.
 
(Sebuah pengingat bagi diri sendiri)

Terima kasih telah membacanya ya. Jangan lupa untuk saling mendoakan dalam kebaikan.

Salam

@okky_ft
.
#Time #personoftheyear #figures #life#world #magazines #inspiration#motivation #betterworld #history #action

No comments:

Post a Comment