Monday, November 7, 2016

STELR - STEM Training (Catatan Bag. 3)

Bismillah.

Akhirnya saya bisa melanjutkan menulis kembali, meski pelaksanaan trainingnya sudah selesai. Tapi tak apalah, semoga tetap dapat memberikan manfaat yang banyak.

Jadi sebenarnya STELR itu adalah pengembangan dari mtode pendidikan STEM yang pertama kali dirintis dan dikembangkan di Australia. STELR adalah sebuah metode siap pakai dari STEM.

STEM itu sendiri adalah sebuah cara untuk mempelajari materi dengan terintegrasi/tidak terpisah satu-satu dan disesuaikan dengan kasus dan kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi, Sains tidak dipelajari sendiri, matematika tidak dipelajari sendiri, namun terintegrasi dengan rekayasa (engineering) dan teknologi. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran di kelas akan semakin bermakna karena siswa menemukan dan menyadari relevansinya dalam kehidupan mereka.

STELR adalah bagian dari kurikulum, penyedia modul-modul eksperiemn dan berbasiskan metode inkuiri pada sekolah-sekolah di Australia pada mulanya. Kini STELR telah meluas ke berbagai negara di dunia.

Pada saat training, kami diperkenalkan dan dilatih untuk mengajarkan pembelajaran STELR di sekolah. Kami mengerjakan pembelajaran kreatif berkaitan dengan isu-isu bumi, seperti krisis energi, pemanasan global, energi sel surya, energi angin dsb. Modul-modul pembelajaran tersbut dapat diturunkan menjadi kegiatan-kegiatan materi STEM secara terintegrasi. 

Diharapkan siswa dapat merasakan pembelajaran sains dan matematika yang relevan dengan kehidupannya saat ini. Melalui metode ini pula diharapkan siswa dapat lebih menikmati dan tertarik dengan isu-isu pengembangan sains dan teknologi di masa depan.

Mungkin itu dulu ya sahabat. Posting selanjutnya akan saya lampirkan berbagai foto kegiatan kami.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah menyimak.

Salam berbagi ilmu.

NB : Tulisan sebelumnya 





 


No comments:

Post a Comment