Saturday, April 4, 2015

Awal Lahirnya Aliran Impresionisme


Tepatnya pada pukul 07.35 tanggal 13 November 1872, di kota pelabuhan Le Havre, Paris, seni dunia berubah selamanya.

Claude Monet memandang ke luar jendela kamar hotelnya dan mulai melukis apa yang dilihatnya. Hasilnya (bawah) adalah “Impression, Soleil Levant!” (“Impresi, Matahari Terbit”) –serta lahirnya suatu gerakan seni di dunia.

Bagaimana kita tahu kapan tepatnya impresionisme dimulai? Ya. Bila Claude Monet memberitahu kita kapan dia mulai melukis. Tapi sayangnya itu tidak terjadi.

Berkat Donald Olson-seorang astrofisika, yang telah membantu kita. Secara ilmiah.

Ketika sejarawan seni Geraldine Lefebvre dan Marianne Mathieu, wakil direktur Marmottan Monet Museum, meminta Olson untuk membantu menentukan asal lukisan itu, Olson memulai dengan meneliti peta serta foto untuk mengidentifikasi hotel dan kamar yang ditempati Monet saat itu. Kemudian ia berpaling ke bidangnya, astrofisika. Ia menggunakan perhitungan waktu terbitnya matahari dan bulan untuk menentukan pasang-surut air laut, musim, serta waktu hari. Lalu ia merujuk pada data cuaca abad ke-19. Sulur asap yang nampak di lukisan menunjukkan bahwa angin bertiup dari timur ke barat. Angka ‘72’ di dekat tanda tangan Monet menutup kasus tersebut dan rasa keingintahuan kita.


Fisika berkerja, dan seniman pun senang.


-Di adaptasi majalah National Gegraphic Edisi April 2015 oleh Jeremy Berlin
.

Selamat menikmati lukisan Monet kawan

www.calude-monet.com


No comments:

Post a Comment