Thursday, July 4, 2013

Pulau Pari

Pulau Pari. 11-14 Juni 2013

Bismillah.

Senang rasanya bisa kembali menulis tentang perjalanan seru bersama anak-anak.

Sahabat, kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi salah satu destinasi ‘surga’ di kepulauan seribu. Sebuah pulau kecil dan terpencil. Pulau itu dikenal sebagai pulau Pari. 

Setelah sebelumnya saya sempat live tweet di @guraru_ID, kini saya ingin berbagi melalui tulisan ringkas. Semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Pulau Pari, dari namanya kita akan mengira-ngira bahwa pulau tersebut diberi nama Pari karena mungkin bentuknya yang menyerupai ikan Pari. Dan memang benar, pulau ini bila di lihat di peta dengan skala tertentu akan menyerupai ikan Pari. Dan apakah di pulau tersebut banyak ikan Parinya? Entahlah. Tetapi selama saya berada disana. Baik di darat maupun di laut. Tidak menemukan ikan yang menyerupai kelelawar tersebut.

Dengan membawa konsep outdoor farewell, saya dengan beberapa rekan guru membawa sekitar empat puluh lima siswa. Mereka semua kelas sembilan. Telah menyelesaikan Ujian Nasional. Sayang rasanya bila acara tersebut hanya bersenang-senang saja, pikir saya. 

Akhirnya kegiatan tersebut dirancang sedemikian rupa dengan tetap ada nilai-nilai pembelajaran. Sekali mendayung dua pulau terlampai, begitulah kira-kira. Apa yang kami lakukan di sana sangatlah menyimpan kesan di benak kami masing-masing. Selain tentunya kami mendapatkan kebersamaan yang terakhir kali di SMP, kami juga mendapatkan pengalaman yang sebelumnya kebanyakan dari kami belum merasakannya. Mengenal dan membantu masyarakat dalam budidaya tanaman Bakau di pesisir pantai, mengintip lokasi penelitian oseanografi LIPI, Mengenal corak masyarakat di pulau terpencil, merasakan suasana pantai di malam hari dengan pesta ikan, dan yang paling menakjubkan adalah melihat terumbu karang dan ikan-ikan lucu secara langsung melalui kegiatan snorkeling. Sungguh sebuah pengalaman seru yang tak akan terlupakan. 

Sebuah kegiatan yang rasa-rasanya ingin kami ulang kembali setiap tahun. Membawa kembali keseruan-keseruan yang baru. Semoga apa yang kami lakukan ini bernilai kebaikan di sisi-Nya. 

Sahabat, mungkin foto-foto yang akan saya share berikut bisa menambah nilai manfaat kepada sahabat semua.
   
Silahkan sahabat kunjungi link berikut

No comments:

Post a Comment